Hadist Pilihan

Tentang Menjual Aset Untuk Membayar Hutang

Tentang Menjual Aset Untuk Membayar HutangHal yang cukup berat bagi seseorang yang terlilit hutang adalah melepas asetnya. Apalagi aset tersebut dipandang berharga atau bernilai historis sehingga dia enggan untuk melepaskannya. Akibatnya, orang yang berhutang lebih memilih untuk ngundur-undur bayar hutang, janji lagi janji lagi, bahkan rela berkhianat dan ngemplang daripada melepas assetnya. Lebih parah lagi, ada yang malah memilih meminta-minta ke orang lain daripada melepas asset miliknya. Parah bingits to ?

Suatu ketika, datanglah seorang laki-laki kepada Nabi SAW dan meminta-minta kepada beliau. Rasulullah SAW lalu bertanya kepadanya, “Apakah dirumahmu engkau memiliki sesuatu..?”

Ia menjawab, “Benar ada dua, ya Rasulallah..”

Nabi bersabda, “Bawa keduanya kesini..!”

Maka, ia pun mengambil kedua barang tersebut dan membawanya kepada Rasulullah. Beliau SAW mengambilnya lalu mengumumkan, “Siapa yang mau membeli dua barang ini..?”

Seorang laki-laki berkata, “aku mau mengambilnya dengan harga dua dirham..!”

Beliau SAW lalu menyerahkan kedua barang tersebut kepada laki-laki itu dan mengambil dua dirham harganya, lalu diberikannya kepada penjualnya sembari bersabda, “Belilah dengan satu dirham makanan dan berikanlah kepada keluargamu. Belilah kapak dengan satu dirham yang lain dan bawalah kepadaku..!”

Lalu laki-laki itu membeli kapak dan membawanya ke hadapan beliau. Rasulullah SAW menggenggam erat kapak tersebut dan menyodorkannya kembali kepada orang itu sambil berkata,

“Pergilah, carilah kayu bakar dan juallah. Jangan sampai aku melihatmu lagi selama lima belas hari..!”

Orang itu lantas pergi dan melakukannya. Lima belas hari kemudian ia datang dan ia telah memperoleh lima bekas dirham.
(Hadits Riwayat Ahmad dan Tirmidzi)

Anda tau berapa 2 dirham..?
Itu hanya sekitar Rp 130.000 kurs sekarang..!

Anda punya barang apa di rumah..?
Juallah dan bayarlah hutangmu..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *