Info Terkini

Seberapa Besar Rumah Nabi ?

SEBERAPA BESAR RUMAH NABI

Rumah Nabi SAW di Madinah terletak di pojokan masjid nabawi, tepatnya di tempat yang sekarang dijadikan makam Nabi SAW. dan sebagai pengetahuan saja, bahwasanya semua nabi itu dikuburkan tepat dimana nabi itu meninggal dunia, termasuk Nabi Muhammad SAW.

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim: Bahwa suatu hari sayyidina Umar bin Al Khattab pernah menemui baginda Nabi Muhammad SAW. saat itu beliau sedang berbaring di atas tikar kasar yang terbuat dari pelepah kurma. dengan berbantalkan kulit kasar yang berisi serabut ijuk kurma. melihat keadaan Nabi Muhammad yang seperti itu sayyidina Umar pun menangis. Kemudian Nabi pun bertanya: Mengapa engkau menangis?

Sayyidina Umar Radhiallah anhu menjawab: “Bagaimana aku tidak menangis. Tikar ini membekas pada tubuhmu. Engkau adalah Rasulullah SAW, Utusan Allah SWT. kekayaanmu hanya seperti ini. sedangkan kisra dan raja-raja lainnya hidup bergelimangkan kemewahan.

Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab: apakah engkau tidak rela jika kemewahan itu untuk mereka di dunia dan untuk kita di akhirat nanti?

Perlu anda ketahui, Rumah Beliau SAW sangat mungil sekali, jika diukur panjangnya tidak lebih dari 5 meter dan lebarnya hanya 3 meter. tinggi atap sekitar 2.5 meter, Masyaallah..

Hal utama yang menjadi patokan dalam menentukan luas rumah nabi adalah perkataan seorang sahabat Nabi Muhammad saw yang bernama Daud Bin Qais. Dalam kitab shohih adabul mufrod karya Imam Bukhori disebutkan bahwa Daud Bin Qais berkata: “Saya melihat kamar Rasulullah saw atapnya terbuat dari pelepah kurma yang terbalut dengan serabut, saya perkirakan lebar rumah ini, kira kira 6 atau 7 hasta, saya mengukur luas rumah dari dalam 10 hasta, dan saya kira tingginya antara 7 dan 8, saya berdiri dipintu aisyah saya dapati kamar ini menghadap Maghrib (Marocco)”.

1 hasta jika diukur pake meter adalah 0.45 m, lihat di id.wikipedia.org/wiki/Hasta. Jika anda masih ragu lagi, silahkan datang ke makam Nabi Muhammad SAW di madinah dan ukur berapa luas makam nabi di madinah, tepatnya di pojokan masjid nabawi, dan tempat yang sekarang dijadikan makam itulah yang dulunya dijadikan rumah oleh Nabi muhammad SAW.

http://www.kabarmakkah.com/…/berapa-luas-rumah-nabi-saw.htm…

——-

Disini kadang kita jadi bingung. Ketika bikin rumah mungil dan murah (misal type 22 atau 30) lalu ada yang mengkritik dengan sinis. Dibilang tidak syar’ilah, dibilang tidak manusiawilah. Alasannya, karena anak-anak tidurnya mesti kamar tidurnya dipisahkan, apalagi jika berbeda jenis. Belum lagi tuntutan pemisahan ruang tamu dengan ruang keluarga atau kamar dengan alasan hayatul khas.

Giliran dibikinin rumah yang agak gede, lumayan luas dengan banyak kamar, yang otomatis harganya juga relatif lebih mahal, eee…ternyata ada yang nyeletuk itu tanda-tanda hubbud dunya, bermewah-mewah, jauh dari sikap sederhana. Alasannya tidak “nyunnah” karena rumah Nabi hanyalah rumah mungil nan kecil sekira type 15 saja.

Lha terus, kita kudu piye jal..?
Yang demen ngritik, takkasih amplop aja dech, gak pake isinya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *