Info Terkini

Pajak Tanah

Pajak Tanah

Alhamdulillah, beruntunglah kawan-kawan Developer Property Syariah yang tahun lalu (atau sebelumnya) sudah pada pecah telor dengan akuisisi lahan. Lebih beruntung lagi jika dapet lahannya di Jabodetabek. Lebih beruntung lagi jika sudah mulai menjual projeknya. Tentu lebih beruntung lagi jika projeknya telah selesai dan tinggal metik hasilnya (seperti saya, hehehe). Memang kenapa..?

Yang memiliki tanah di jabodetabek, coba perhatikan SPPT PBB tahun 2013, 2014 dan 2015. Perhatikan dengan seksama kenaikan harga NJOP-nya. Khusus Jakarta, kenaikan harga NJOP sejak tahun 2013 sudah bikin sesek dada. PBB mulai dinaikkan walau terlihat rada wajar. Di tahun 2014 lebih lebih gila lagi. Di beberapa lokasi, kenaikan NJOP nya ternyata sampai 4x lipat. Jika anda berhasil mengakuisi lahannya pada tahun 2013 atau awal 2014, silahkan menikmati kenaikan harga property yang fantastis. Uenak tenaaan…

Bagaimana dengan Bogor..?

Nah, bagi yang punya lahan di Bogor, baik kota atau kabupaten, silahkan cermati PBB tahun 2014 dan 2015. Kondisinya hampir mirip dengan Jakarta, cuma berselang setahun setelahnya. Jika anda telah mengakuisi lahan sejak 2014 atau awal 2015, beruntunglah anda. Karena kenaikan harga NJOP dibeberapa lokasi sangat fantastis. Walau turut menikmati, disatu sisi kadang saya juga merasa sedih. Kenapa..?

Kedepannya, pemerintah kayaknya sudah mulai kehilangan akal sehat. Rakyat makin dipalak dengan pajak yang beraneka ragam. Dengan satu harapan, pendapatan daerah tersebut naik. Dan yang paling enak, gampang, mudah dan takbanyak menimbulkan polemik, tentu saja dengan menaikkan pajak bumi dan bangunan dengan melipatgandakan harga NJOP-nya.

Kalau begini judulnya jadi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *