Inspirasi

MEREKA YANG BERHIJRAH (7) – Hikmah Kena Musibah, Menjadi Pegiat Property Syariah dan Pengemban Dakwah

MEREKA YANG BERHIJRAH (7) - Hikmah Kena Musibah, Menjadi Pegiat Property Syariah dan Pengemban Dakwah

MEREKA YANG BERHIJRAH (7)
[Hikmah Kena Musibah, Menjadi Pegiat Property Syariah dan Pengemban Dakwah]

Gopal atau Aldi, nama panggilan Novaldy Arief Pradika, pemilik brand kuliner Mie Akhirat Surabaya yang lezatnya ruar biasa, baru saja tertimpa musibah. Restonya terbakar dan turut merembet membakar rumah makan di samping kiri kanannya. Atas kejadian itu, beliau dituntut ganti rugi 400 juta dan harus disediakan dalam waktu 5 hari.

“Terus terang saya stress juga tadz. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula. Setelah dinego, orangnya mau dibayar cicil. Syaratnya yang 300 juta tetap harus disediakan dalam 5 hari.”, curhatnya. “Jumlah segitu tergolong besar saat itu..”, tambahnya.

“Sempat terpikir cara instan seperti yang kebanyakan orang lakukan..?”

“Iya tadz, pinjam bank dan gadai adalah cara yang paling logis untuk dapat uang ratusan juta dalam waktu singkat. Banyak juga yang ngasih saran seperti itu. Tapi saya ingat banget materi yang ustadz sampaikan. Bahwa semua itu transaksi riba..”, tutur mas Gopal.

“Lalu..?”

“Saya teringat materi yg ustadz bawakan saat camp DPS tentang strategi permodalan dan kerjasama. Inilah amunisi yang sakti mandraguna dan dalam benak saya, inilah satu-satunya cara yang halal..”, jawabnya.

“Hehehee, apaan tuh..?”

“Syirkah. Senjata pengusaha untuk mengatasi problema keuangan dan permodalan. Walau yang seperti yang ustadz sampaikan, saat ini sudah tidak banyak lagi yang memahami skema syirkah ini. Inan, Abdan, Mudharabah, Wujuh dan Mufawadah. Terima kasih ilmunya tadz, ternyata manjur diterapkan..”

“Seperti apa ceritanya untuk mengatasi musibah tempo hari..?”

“Pasca kebakaran, besoknya saya diberikan kesempatan presentasi ke investor selama 15 menit..”, cerita mas Gopal. “Dan ajaibnya, investor sangat antusias dengan skema itu dan subhanallah deal, besoknya duitnya langsung cair 300 juta. Sungguh, rasanya seperti tidak masuk akal. Hanya dalam waktu 2 hari pasca kebakaran, saya bisa dapat 300 juta dengan skema halal dan berkah. Tanpa riba dan akad bermasalah..”

Tuh ‘kaaan, pemirsah..
Syariah Islam itu jago banget ngatasi persoalan. Komplit, lengkap dan paripurna. Ibarat amunisi, skema ini punya banyak variasi. Tinggal kita pilih pakai senjata yang mana yang cocok untuk digunakan. Aturan mainnya pun sudah sangat jelas dan detail dalam Islam.

“Mas Gopal, apa hikmah dibalik itu semua..?”

“Alhamdulillah, saya kini tambah pede menjalankan skema syariah dalam berbisnis. Karena selama ini banyak orang yang hanya bisa mengharamkan sesuatu tanpa bisa memberikan solusi. Dan saya sudah temukan solusi itu dalam musibah yang saya alami. Sekali lagi, terima kasih atas ilmunya tadz..”

“Denger-denger, pasca kebakaran Mie Akhirat justru makin berkibar dengan skema Syariah. Betulkah..?”

“Iya tadz, betul. Alhamdulillah pasca musibah itu, Mie Akhirat sudah buka 3 outlet baru. Semuanya pakai skema Syirkah. Bahkan saat ini, sudah ngantri 10 investor lainnya yang mengajak kerjasama pembukaan cabang. Sungguh diluar dugaan..”, jelas Mas Gopal.

“Terkait dengan property gimana..?”

“Nah itu dia tadz. Saking banyaknya yang nawari kerjasama Mie Akhirat, ada orang yang sebenarnya dia gak punya uang tapi punya lahan. Kita tawarkan skema syirkah juga. Sudah ada beberapa yang menawarkan lahan untuk projek Property Syariah..”

“Sudah ada projek yang siap garap..?”

“Alhamdulillah sudah tadz. Bersama teman-teman yang lain kita deal projek 5 unit ruko..”, jelas Gopal. “Projeknya kita namakan Zati Land..”

Tuh ‘kaaaan…
Syariah itu sesuatu banget. Syirkah itu sesuatu banget juga. Alhamdulillah dari wasilah ini, mas Gopal kini kebanjiran tawaran kerjasama. Khususnya untuk bisnis kulinernya dan semoga juga untuk bisnis propertinya.

Satu lagi…
Kini mas Gopal juga kebanjiran job sebagai pembicara bisnis syariah di berbagai tempat. Dan konsekuensinya, beliau juga mesti rajin-rajin mengkaji ilmu bisnis dan Muamalah Syariah. Inilah yang akhirnya menghantarkan Novaldy Arief Pradika alias Gopal bergabung dalam barisan Pejuang Syariah dan Khilafah.

Alhamdulillah..
Ahlan wa sahlan ya ustadz Gopal. Selamat datang dan bergabung dalam perjuangan dakwah, membumikan konsep Syariah, meratakan Property Syariah dan memperjuangkan tegaknya institusi pemersatu ummah, Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah.

Mari doakan agar beliau bisa istiqomah dalam jalan dakwah, bersama-sama berjuang takkenal lelah hingga telapak kaki ini menginjak….. Jannah. Insyaallah, Aamiin..

Salam Berkah Berlimpah

Dari Kami,
Developer Property Syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *