Inspirasi

MEREKA YANG BERHIJRAH (6) – Bertaubat tapi malah kena Musibah

MEREKA YANG BERHIJRAH (6) - Bertaubat tapi malah kena Musibah

MEREKA YANG BERHIJRAH (6)
[Bertaubat tapi malah kena Musibah]

Namanya Novaldy Arief Pradika SE Ak CA CPAI. Kami cukup memanggilnya dengan nama singkat : Gopal. Putra pertama dari seorang auditor dan Akunting Publik dengan sederet gelar yang mentereng, Drs Sugeng Praptoyo, SH, MH, MM, CPA, CA, Ak, CIFRSL, CTA. Coba itung tuh ada berapa gelarnya, hehehee..

Kalau anda kebetulan sedang bepergian ke Surabaya, ada satu kuliner yang sangat populer disana. Namanya Mie Akhirat dengan beragam nama-nama menu yang unik. Mulai dari sambal Jahanam hingga juz surgawi, hehehe. Tentu saja bukan sekedar nama-nama menunya yang unik, rasanya pun asyik. Nah, mas Gopal inilah maestronya mie akhirat, beliaulah sang pemilik.

Bagi seorang pengusaha muda, memiliki brand unik dengan pelanggan yang rela ngantri hingga puanjang mengular adalah suatu kebanggaan sekaligus cobaan. Tawaran pinjaman dari bank hingga godaan asuransi terus saja berdatangan tiada henti. Bahkan, terkadang cobaan itu datang dari keluarga dan orang tua sendiri.

“Suatu saat, bapak meminta saya untuk beli ruko di Sidoarjo pakai KPR Bank. Kebetulan saya baru saja mengikuti acaranya DPS di Surabaya. Paparan tiap slide begitu nampar banget. Mulai dari keharaman leasing, KPR hingga beragam skema kredit yang faktanya takhenti-henti ditawarkan kepada kami.”, Mas Gopal memulai bercerita.

“Yang nyuruh bapak..?”

“Iya tadz. Gimana gak galau. Antara nuruti bapak atau nurut gusti Allah. Padahal proses KPR ruko sudah berjalan dan tinggal tanda tangan langsung cair. Alhamdulillah kok ya pas banget momennya. Maka saya bilang ke bapak, saya mau tanda tangan asal bapak bersedia ketemu ustadz Rosyid dari DPS..”, sambungnya.

“Gimana respon bapak..?”

“Alhamdulillah, bapak setuju. Berangkatlah kami berdua ke Kediri untuk ikut acara Camp DPS. Bapak saya ini kan orangnya kritis terhadap angka, kebetulan profesinya sebagai auditor dan konsultan keuangan di kantor akuntan publik. Sedari awal, agak rada rada gak percaya dengan skema tanpa bank yang dijalankan Property Syariah..”, jelas Gopal. “Diem-diem bapak pengen nguji skema keuangan DPS, heheee..”

“Trus gimana..?”

“Seperti yang ustadz ketahui sendiri saat akhir acara. Bapak surprise dengan skema ini. Masuk akal dan sangat layak diperjuangkan. Beliau sedikit heran saja, ternyata rumusnya sederhana pakai manual di excell. Padahal beliau awalnya menyangka pakai sofware canggih..”

“Hehehee. Kalau bisa sederhana, kenapa kudu diperumit. Trus, mengenai rencana KPR ruko gimana..?”

“Ampuh tadz. Bapak langsung setuju menyetop proses pembelian ruko via bank, padahal tinggal tandatangan doank, cair..”, jawab Gopal. “Bahkan sepulang acara, kami sepakat melunasi semua hutang-hutang ribawi yang telanjur kita lakukan..”, tambahnya.

“Ada lagi yang ingin mas Gopal sampaikan..?”

“Justru disana musibah itu bermula. Sehari setelah memutuskan melunasi semua hutang-hutang riba, tempat usaha saya kebakaran. Termasuk merembet ke rumah makan di kanan kirinya. Mereka menuntut ganti rugi hingga 400 juta totalnya. Dan harus ada dalam waktu 5 hari. Gimana gak galau, tadz. Stress saya. Niat baik meninggalkan riba kok langsung diuji dengan musibah kebangkrutan. Sudahlah tempat kita kebakaran, masih dituntut tetangga pula. Mulailah bisikan-bisikan syetan itu dihembuskan. Asuransi, pinjaman bank hingga gadai adalah beberapa solusi praktis untuk dapat uang dalam waktu singkat..”

Iya betul..
Musibah kebakaran yang dialami Mie Akhirat saat itu sampai diliput berbagai media. Saya sendiri saksikan di running teks televisi nasional. Ini sebagai cobaan bagi mas Gopal sekeluarga. Sebagaimana bunyi hadits, “Siapa saja yang dikehendaki Allah menjadi orang baik, ia akan diberikan cobaan.” (HR Bukhari)

Nah…
Disinilah keyakinan seorang anak muda yang bernama Gopal ini. Simak penuturan lanjutannya. Bagaimana cara beliau mengatasi masalah yang rumit dan akhirnya keluar sebagai pemenang..?

Termasuk, solusi apakah yang akhirnya menyebabkan beliau bersemangat bergabung dalam barisan Pegiat Property Syariah sekaligus berkomitmen menjadi Pengemban Dakwah sekaligus Pejuang Syariah dan Khilafah..?

Simak lanjutannya hanya di De.. Pe.. eS..

Jreng.. jreng.. jreng..!
😊😬

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *