Inspirasi

MEREKA YANG BERHIJRAH (5) – Notaris Yang Berani Berhijrah

MEREKA YANG BERHIJRAH (5) - Notaris Yang Berani Berhijrah

MEREKA YANG BERHIJRAH (5)
[Notaris Yang Berani Berhijrah]

Namanya Aldilla Dharma Wijaya. Jebolan S1 ilmu hukum dan saat ini sedang tahap akhir memperjuangkan gelar Magister Kenotariatan di Universitas Brawijaya. Iya, Aldilla adalah seorang calon Notaris.

Terlahir dari keluarga yang baik-baik yang cukup berada di Kediri Jawa Timur, tampilan Aldilla bisa dibilang menarik. Prestasi sekolahnya baik dan punya skill yang digandrungi anak muda membuat Aldilla merasa punya segalanya. Banyak teman, banyak jaringan, banyak uang, banyak penggemar dan tentu saja banyak wanita. Di kota tempat tinggalnya, Aldilla lebih dikenal sebagai vocalis, drumer, gitaris, pianis sekaligus artis band aliran pop punk.

Nyaris dalam perjalanan hidupnya dipenuhi dengan kesenangan dunia dengan segala ragam kemaksiyatan yang pernah dilakukannya. Tidak ada kesedihan. Bahkan kemewahan hidup seolah-olah berlomba-lomba memanjakannya. Itulah Aldilla yang dulu. Yang bergelimpangan dengan segala kesenangan dan kemewahan hidup.

“Trus, apa yang membuatmu bisa berubah seperti sekarang ini..?”

“Ternyata hidup enak dan nyaman terus kadang juga membosankan tadz. Dan saya bersyukur dikaruniai rasa bosan yang datang melanda di akhir kelulusan Sarjana. Entah mengapa ketika memandang Surat Keterangan Lulus, saya merasa ada beberapa hal yang harus diperbaiki di hidup ini. Kalau gini-gini aja bakalan susah selamanya. Senang sih iya, tapi membuat jiwa terus menggerang..”, begitu jawabnya.

“Trus..?”

“Saya memutuskan untuk belajar selama lebih kurang 4 bulan. Tepat saat ulang tahun ke 22, saya merasa mendapat hidayah dari Allah. Merasa terpanggil untuk memperbaiki keadaan di sekitar saya. Lingkungan dekat, Kota, Negara, atau bahkan Dunia..”, tuturnya dengan semangat empat lima khas anak muda.

“Langkah yang kamu mulai tempuh seperti apa..?”

“Saya memulainya dengan berusaha memperbaiki keadaan anak muda saat ini, dengan sebuah gerakan yang dinamakan Berani Berhijrah. Target awalnya adalah memperbaiki pola pikir anak muda yang pada saat itu menolak untuk membicarakan Islam di lingkungan permainannya. Bahkan parahnya, banyak yang merasa bahwa orang-orang yang bicara Islam itu sepantasnya hanya oleh mereka yang udah bau tanah, ngaji bagi anak muda itu ndeso..!”

“Langkah praktisnya seperti apa..?”

“Salah satunya kami mulai dengan gerakan di akun media sosial, yang kini menempati peringkat terbesar 3 se-Indonesia dengan followers hampir 1 juta. Lalu sebuah buku pertama yang dalam waktu singkat menjadi buku best seller Nasional dan barusan kami meluncurkan buku kedua yang insyaAllah total telah tersebar 50 ribu eksemplar..”, jelas Aldilla. “Bahkan saat ini kami memutuskan untuk memasang target baru yaitu mengajak para pengusaha berhijrah dari jeratan riba. Apalagi setelah itu, atas ijin Allah kami tergabung dalam komunitas Developer Property Syariah. Bersama belasan member DPS di Kediri, kami siap membumikan Property Syariah disini..”, imbuhnya.

“Sejauh ini, bagaimana responnya dan apakah ada permasalahan yang muncul setelahnya..?”

“Ada tadz. Masalahnya adalah saya seorang calon Notaris, hehehe. Pada saat khalayak ramai mengetahui saya mulai menggencarkan gerakan ‪#‎MenolakRIBA‬, mulailah cibiran banyak dilontarkan kepada saya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa seorang notaris umumnya jadi kaya raya dari praktik riba. Dari realisasi Bank yang besar sekali nilainya, dari akta fidusia yang rajin menyapa, dan beberapa antek riba lainnya..”, jelas Aldilla dengan gegap gempita.

“Hehehe, semangat banget kamu Dil. Trus bagaimana..?”

“Intinya saya divonis teman-teman di kampus tidak bakal sukses, menjadi notaris yang aneh, idealis, dan kalo saya jalan di lorong selalu disindir-sindir..”, jawabnya.

“Disindir gimana..?”

“eh… ada Notaris Syariah tuh..”

“Hehehe, trus kamu sakit hati..?”

“Sedikit tadz. Namun saya memilih tetap berjuang untuk memberi edukasi terhadap teman-teman Notaris. Karena menurut kebanyakan dari mereka, riba adalah konsekuensi profesi yang tidak bisa dihindarkan. Dan parahnya, sebagian besar mereka punya anggapan bahwa, ‘Ya udah ambil aja, ‘ntar sisanya dibersihkan dengan sedekah. Ternyata separah itu..!”

“Ada lagi..?”

“Ada tadz. Yang lebih parah ketika di luar kampus saya sering diajak berdebat oleh para pamakai riba. Mereka selalu bilang bahwasanya tidak bisa hidup di jaman sekarang tanpa riba. Saya sedikit marah waktu itu, dan spontan berkata pada orang itu bahwa saya janji tahun depan bakal beli mobil tanpa riba..!”

“Trus, apakah sudah terbukti janjimu itu..?”

“Saya bener-bener tanpa rencana mengatakan itu, bahkan sempat tidak percaya bahwa telah mengatakan itu. Namun lagi dan lagi, Allah nampaknya mau membuktikan kebenaran firmannya dalam Surat An-Nissa ayat 100 yang menyatakan ‘Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rejeki yang banyak…”

Waaaahhh…
Aldilla sudah mulai ndalil. Alhamdulillah. Dan memang akhirnya di tahun ini, dedengkot akun IG ‪#‎BeraniBerhijrah‬ ini diguyur banyak rejeki yang salah satunya digunakannya untuk memenuhi janjinya, Membeli Mobil ‪#‎TanpaRiba‬. Ck..ck..ck.. Anak Muda beli mobil cash tanpa riba. Keren gak tuh..?

“Dilla, apa pesan kamu untuk teman-teman disini..?”

“Jujur saja perjuangan ini masih teramat panjang, tadz. Insya Allah saya akan masih terus berjuang memperbaiki segala keadaan yang bisa saya perbaiki dengan segala keterbatasan ini. Dan tentang Property Syariah Tanpa Riba, saya akan meneruskan perjuangan ustadz dan kawan kawan dengan menawarkan masyarakat kota Kediri sebuah hunian elite berskema Syariah. Tempatnya sangat strategis, berada di jalan utama Kabupaten Kediri, dekat Simpang Lima Gumul, dengan luas 1840 meter persegi..”, lanjutnya.

“Apa nilai strategisnya..?”

“Bagaimana tidak strategis tadz, karena itu tanah milik keluarga bupati Kediri, hehehehe. Insya Allah proyek ini akan kami mulai setelah lebaran ini. Mohon doanya dari ustadz dan rekan-rekan sekalian..”

Alhamdulillah wa syukrulillah..
Aldilla bener-bener telah berhijrah. Dari seorang anak muda yang bergelimpangan kehidupan dunia dengan segala kemaksiyatannya, kini telah berubah menjadi seorang pejuang Syariah.

Selalu saja ada jalan Allah bagi mereka yang mau meninggalkan sesuatu karena Allah. Terlebih bagi mereka yang mau dan komitmen memperjuangkan kebenaran Allah. Mungkin kita memang memiliki banyak keterbatasan, namun pertolongan Allah tiada pernah mengenal batas.

Dusss…
Jangan Pernah Menyerah, sebab Allah bersama kita..

Berani Berubah..
Berani Berbenah..
Berani Berhijrah…

Salam Berkah Berlimpah

Dari Kami,
Developer Property Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *