Hadist Pilihan

Ancaman Terhadap Orang-Orang yang Enggan Mengeluarkan Zakatnya

Ancaman terhadap orang-orang yang enggan mengeluarkan zakatnyaDari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda,
“Tidaklah seseorang memiliki emas ataupun perak, dan tidak menunaikan haknya (berupa zakat), melainkan pada hari kiamat ia akan didudukkan di atas pedang batu yang lebar dalam neraka dan dibakar di dalam neraka jahannam. Setiap kali api itu padam dipersiapkan lagi baginya (hal serupa) untuk jangka waktu 50.000 tahun, hingga selesai pengadilan umat manusia seluruhnya. Maka iapun akan melihat jalannya, apakah ke surga atau ke neraka.” (HR Khamsah kecuali Tirmidzi)

“Barangsiapa yang diberikan Allah kepadanya harta, tetapi tidak membayar zakatnya, maka dia pada hari kiamat akan didatangi seekor ular gundul, yang sangat berbisa dan sangat menakutkan, dengan dua bintik di atas kedua matanya. Lalu melilit dan mematuk lehernya, seraya berteriak :
“aku adalah hartamu, aku adalah harta kekayaanmu yang (ditimbun) dulu.” (HR Khamsah, kecuali Abu Daud)

ZAKAT PROPERTY

Nah, property juga merupakan harta yang wajib dizakati jika telah memenuhi syarat dan ketentuan syariah. Namun, mungkin saja kita masih bingung dengan beberapa fakta teknis seputar zakat terkait (bisnis) property tersebut sbb :

1. Property mana sajakah yang wajib dizakati..? Apakah kantor sebuah perusahaan atau rumah yang kita tinggali, juga wajib dikeluarkan zakatnya..?

2. Apa sajakah zakat yang dikeluarkan oleh seorang pebisnis dibidang property semisal developer perumahan..?

3. Bagaimana jika skema penjualan property memakai skema inden. Sementara rumahnya belum terbangun. Apakah zakatnya tetep dikeluarkan dan bagaimana cara ngitungnya..?

4. Bagaimana pula jika lahannya adalah kerjasama antara pemilik tanah dengan developer..? Siapa yang mengeluarkan zakatnya..?

5. Bagaimana jika developernya tidak memiliki uang cash, apakah bisa zakatnya ditunda..? Bagaimana hukumnya menunda pembayaran zakat..?

6. Zakat perdagangan property apakah wajib dikeluarkan setiap tahun atau sekali saja..? Berapa persen nilai zakatnya..?

7. Jika bisnis property melibatkan investor, siapa yang mengeluarkan zakatnya..? Developer atau investor atau siapa..?

8. Apa hukumnya jika seseorang memiliki lahan yang luas tapi hidupnya dibawah garis kemiskinan, apakah tetap diwajibkan zakat atas property yang dimilikinya..?

9. Gimana cara menghitung zakat perdagangan property yang berupa tanah kaplingan, apartemen, perumahan, ruko dsb..? Bagaimana jika property tersebut tidak dijual tapi disewakan. Apakah tetap ada zakatnya juga..?

Ternyata kalau dilist, ada banyak juga pertanyaan-pertanyaan seputar zakat property. Ada yang mau nambahi pertanyaan lagi..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *