Info Terkini

9 Alasan Logis Kenapa Bisnis Property Syariah

9 Alasan Logis Kenapa Bisnis Property Syariah

9 Alasan Logis Kenapa Bisnis Property Syariah

1. ALASAN IDEOLOGIS

Karena kami yakin, Khilafah Islamiyyah akan kembali. Peradaban Islam dan mulia tersebut akan tegak kembali karena ini adalah janji dan bisyarah Nabi. Saat itulah, amirul mukminin (Khalifah) seketika akan mengeluarkan instruksi pelarangan segala macam transaksi ribawi.

Institusi bisnis seperti Bank ribawi, leasing, asuransi, pasar saham dan segala macam tempat transaksi haram langsung ditutup. Developer yang kerjaannya mengantarkan orang pada dosa dan kemaksiatan langsung dilarang operasi. Lantas, siapa yang akan memberikan solusi kepemilikan rumah saat itu jika dari sekarang tidak kita mulai..?

2. ALASAN IDEALIS

Syariah Islam adalah aturan yang sempurna, komplit, lengkap dan ideal. Mustahil Islam tidak mampu memberikan solusi terkait problematika kehidupan manusia, termasuk kepemilikan property secara halal.

Jika hingga kini ada sebagian besar ummat Islam yang tidak tahu, itu karena mereka enggan mencari tahu. Bukan karena Islam tidak mampu, tapi merekalah yang tidak mau. Bukan karena Islam yang tidak ideal, tapi mereka itulah yang nakal dan bengal. Bukan karena Islam yang tidak utuh, tapi justru merekalah yang tidak patuh. Setuju..?

3. ALASAN BISNIS

Ada banyak ragam bisnis yang bisa kita pilih. Tapi sungguh, tidak ada yang lebih menarik dan menantang dari bisnis property. Terlebih lagi, obyek property ada capital gain yang mengunci resiko dengan sendirinya. Inilah bisnis yang legendaris.

Pameo mengatakan, hampir semua orang-orang terkaya di dunia karena mereka menjadi kaya dari berbisnis property. Kalaupun mereka tidak bisnis property, orang kaya pasti membeli property untuk melindungi aset dan kekayaan mereka. Betul tidak..?

4. ALASAN SISTEMIS

Tidak bisa dihindari, bisnis property nyaris identik dengan bank. Dan bank adalah instrumen pengokoh hegemoni sistem kapitalis yang mencengkeram dunia saat ini. Sistem yang bobrok, jahat, sesat dan menyesatkan.

Jika kita bisa mengeliminasi peran bank sebagai agen kapitalis yang sadis, lambat laun kepercayaan ummat terhadap sistem ini pun makin lama makin berkurang drastis. Yuk mari, kita sikat dan babat abis…!

5. ALASAN MINIMALIS

Ternyata mitos bisnis property wajib bermodal besar hanyalah omong kosong belaka. Pada faktanya, bisnis property bisa kita lakukan walau hanya bermodal minimalis, ini bisnis manis tapi bisa dirancang dengan modal ekonomis.

Demikian juga dengan mereka yang hendak membeli rumah karena keterbatasan dana. Skema Property Syariah dirancang dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga KPR Bank. Artinya, skema ini mestinya cocok untuk mereka yang isi dompetnya minimalis alias berkantong tipis. Percaya silahkan, gak percaya yo wis…!

6. ALASAN DILEMATIS

Bagi yang bermental pragmatis dan beriman tipis, bunga riba di bisnis property itu memang dilematis. Secara psikologis awalnya dianggap penolong bagi orang yang ingin memiliki property atau membutuhkan dana bisnis. Padahal ujung-ujungnya dicekek habis, bikin miris, nangis dan meringis. Dana memang diperlukan untuk bisnis, tapi awas hati-hati tipudaya iblis..

Dosa riba sendiri merupakan dosa yang teramat sadis. Dalam hadits dikatakan bahwa dosa teringan dari riba adalah seperti seorang anak laki-laki menzinai ibu kandungnya sendiri. Ih, bener-bener sadis…!

7. ALASAN STRATEGIS

Kesadaran ummat Islam untuk kembali tunduk patuh pada syariah, makin lama makin meningkat. Syariah menjadi tren tersendiri saat ini. Bagi mereka yang jeli membaca peluang, ini adalah potensi pasar yang strategis. Mereka menunggu kehadiran skema transaksi yang benar-benar syar’ie dan bukan sekedar pemanis.

Munculnya lembaga keuangan berlabel syariah ternyata tidak membuat mereka larut. Karena mereka sadar bahwa simbol syariah yang diusung ternyata hanya sekedar label semata. Faktanya taklebih dari islamisasi transaksi ala kapitalis.

8. ALASAN NARSIS

Menjadi pemain di bisnis property bisa menumbuhkan semangat juang dan bargaining para pelakunya. Pemainnya tiba-tiba bisa sangat pede habis ketika ditanya calon mertua, “Nak, bisnisnya apa sih nak..?”, jawab saja begini, “Saya bisnis properti pak/bu..”. Wuihhh, dijamin kereeen abis.

Apalagi kalau tampilan anda juga modis, klimis, necis dan berkumis tipis. Mungkin calon mertua tidak menyangka, bahwa calon menantunya sebenarnya berkantong tipis. Pissss…!

9. ALASAN BIOLOGIS

Kami kesulitan menuturkan alasan biologis ini dengan penjelasan yang benar-benar logis. Apalagi jika dikaitkan dengan hal-hal yang sifatnya romantis.

Bisakah anda bantu kami untuk menghubungkan antara berbisnis property dengan kebutuhan biologis..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *